Windows Phone Utak-Atik Narrator

Teknorus.com – Banyak fitur baru dan unik yang hadir di Windows Phone 8.1. Meski fitur-fitur tersebut bertujuan untuk memudahkan, namun kehadirannya terkadang malah membingungkan bagi pengguna yang belum mengetahui bagaimana cara mengaktifkan, menggunakan, ataupun mematikan fitur tersebut. Salah satu fitur yang hendak bahas kali ini adalah Narrator.

Baca juga : Gambar Keren

Oleh karena itu, akan mengajak pengguna Windows Phone untuk mengenali fitur ini agar dapat lebih memaksimalkan fungsinya. Narrator merupakan suatu aplikasi bawaan di Windows Phone yang berguna bagi pengguna yang memiliki keterbatasan tertentu seperti mereka yang memiliki kekurangan pendengaran, penglihatan, ataupun memiliki kesulitan membaca saat menggunakan Windows Phone.

Begitu diaktifkan, pengguna akan dipandu oleh Narrator mengenai apa saja yang tersedia pada tampilan Windows melalui suara. Begitu Narrator aktif, Anda mesti menggunakannya dengan cara yang berbeda. Sebelumnya, berikut beberapa hal yang perlu diketahui mengenai Narrator.

Mengaktifkan Narrator Pastikan perangkat yang Anda gunakan sudah menggunakan sistem Windows Phone 8.1 (atau versi update terbaru). Pada tampilan awal, geser ke daftar menu dan pilih Settings>Ease of Access, lalu aktifkan Narrator ke posisi On.

Mematikan Narrator Begitu Narrator aktif, otomatis Anda tidak akan bisa menggunakan layar sentuh seperti biasa. Bagi yang belum terbiasa, hal ini memang bisa membuat sebagian pengguna panik karena Anda tidak bisa menggunakan layar sentuh seperti biasa. Jika Anda hendak membatalkan ftur ini dan ingin mematikannya, ada dua cara mudah yang bisa dilakukan.

Tekan dan tahan tombol Volume Up, kemudian tekan yang lama tombol Start Windows. Jika berhasil, Narrator akan mengatakan bahwa Exiting Narrator dan otomatis Narrator sudah dinonaktifkan.

Tekan ke posisi Narrator sehingga kotak Narrator akan berwarna kuning. Ketuk dua kali untuk mematikannya.

Ubah Suara Narrator Fungsi Narrator memiliki dua pilihan suara yang bisa Anda ubah. Anda bisa mengubahnya dengan cara berikut. Masuk ke Settings>Ease of Access dan nyalakan Narrator Quick Launch ke posisi On. Selanjutnya nyalakan Narrator. Pada bagian Voice, tekan dua kali dan akan tampil pilihan Female atau Male.