Vaksin BCG untuk Anak



Vaksin BCG (Bacillus Calmette Guerin)

Merupakan vaksin hidup yang sudah dilemahkan dari Mycobacterium bovis. Vaksinasi BCG tidak mencegah seseorang terinfeksi penyakit tuberkulosis, tetapi mencegah perkembangan penyakit tersebut dan mengurangi risiko terjadinya penyakit tuberkulosis berat seperti meningitis TB dan tuberkulosis miilier.

Jadwal & Aturan Pemberian:

• Satu kali saja pada usia kurang dari 3 bulan dan optimalnya di usia 2 bulan. Bila diberi setelah usia lebih dari 3 bulan, maka perlu dilakukan tes tuberkulin terlebih dahulu untuk mendeteksi apakah anak sudah terinfeksi kuman TB atau belum.

• Pada bayi dengan ibu posiitif menderita TB atau bayi yang berkontak erat dengan pasien TB, sebaiknya vaksinasi BCG ditunda dan diberikan INH proflaksis terlebih dahulu.

• Penyuntikan vaksin BCG dilakukan secara intradermal 0,1 ml untuk anak dan 0,05 ml untuk bayi baru lahir di lengan kanan atas atau paha.

Kejadian Ikutan Pascaimunisasi:

Dapat menimbulkan bisul kecil dan bernanah di wilayah bekas suntikan yang akan sembuh dalam jangka waktu 2—3 bulan. Munculnya bisul menandakan imunisasi berhasil. Bisul perlahan akan sembuh dan menimbulkan jaringan parut dengan diameter 4—8 mm. Jika bisul tidak muncul, mungkin saja disebabkan oleh cara penyuntikan yang kurang benar. Meski demikian, antibodi dalam tubuh tetap terbentuk, hanya dalam kadar yang rendah. Namun, imunisasi BCG tidak perlu diulang lagi, karena di wilayah endemis TB, infeksi alamiah akan selalu terjadi.