Lacak Identitas Penelpon & Block Spam SMS

Masih ingat dengan penipuan SMS “Mama Minta Pulsa”? Anda mungkin pernah mendapatkan SMS seperti ini. Akibat kejadian ini muncullah rasa ingin tahu yang besar untuk melacak siapa yang menggunakan nomor tersebut. Cara yang cukup ekstrim adalah dengan menanyakannya langsung ke operator seluler nomor tersebut. Sayangnya, langkah ini sangat sulit dilakukan karena adanya kebijakan untuk memroteksi data pelanggan.

Kecuali untuk kepentingan penyelidikan institusi yang berwenang semisal Polisi. Kasus lain, Anda mungkin pernah ditelpon/SMS dari nomor yang tidak dikenal? Jika isi SMS atau telponnya biasa-biasa saja sih mungkin tidak terlalu bermasalah. Namun, bagaimana jika isinya berupa cacian dan kata-kata tidak senonoh. Atau bisa jadi kata-kata ‘sayang’ dan cinta. Untuk kasus pertama, mungkin jalan paling mudah dengan mengabaikannya atau memblokirnya.

Tapi untuk kasus kedua, pastinya akan membuat Anda penasaran. Nah, bagi Anda yag ingin mengetahui identitas penelpon atau pengirim SMS misterius tersebut, SINYAL infokan caranya. Tinggal manfaatkan aplikasi pihak ketiga, misalnya saja Line WhosCall. Meski demikian, kemampuan untuk mengorek informasi terkait nomor telpon yang ditawarkan aplikasi jenis ini tidak 100% berhasil.

Pasalnya, si aplikasi beroperasi dengan mengumpulkan data yang tersimpan di dunia maya. Mulai dari layanan jejaring sosial, direktori telpon (yellow pages), transaksi online dan sebagainya yang terintegrasi dengan search engine. Jika nomor telpon tersebut terdaftar di salah satunya, maka si aplikasi akan menampilkan informasi lengkap si pemilik nomor.

Selain dapat memberikan informasi lengkap dari penelpon, aplikasi Line whoscall ini juga memiliki pendukung kemampuan untuk memblokir panggilan. Aplikasi yang dibuat oleh Line Corporation dan Gogolook tersebut telah menyediakan database 600 juta nomor telpon bahkan lebih.