Apartemen Tidak Selalu Terbatas

Membuat apartemen senyaman rumah tapak dengan area hijau di dalamnya, bukan hal yang mustahil. Asal kreatif, Anda bisa menciptakan ruang-ruang fungsional layaknya rumah tapak. Ketersediaan rumah tapak di Ibu Kota dengan harga yang terjangkau rasanya sudah semakin jarang ditemui. Tren hunian vertikal pun merajai pembangunan kota-kota besar.

Selain menjadi alternatif ketebatasan lahan, kehadiran apartemen menjawab kebutuhan masyarakat bermobilitas tinggi akan hunian di pusat kota dengan gaya hidup yang lebih praktis. Yulius Setiarto, SH., konsultan hukum properti Setiarto & Partners Law Firm, menuturkan bahwa menjamurnya apartemen di pusat kota memberikan kemudahan baik dari sisi materi dan waktu. Hal ini jugalah yang membuatnya beralih dari yang semula tinggal di rumah tapak ke apartemen di pusat kota.

“Dulu saya tinggal di kawasan Alam Sutera dan bekerja di kawasan Kuningan. Butuh waktu setidaknya 2 jam menuju lokasi kerja dengan menghabiskan bensin setidaknya Rp6 juta setiap bulannya. Belum lagi gaji supir dan perawatan mobil,” tutur Yulius menceritakan. Namun rupanya, kehadiran apartemen sebagai salah satu alternatif hunian di pusat kota masih belum menjamah masyarakat lainnya.

Beberapa masih berasumsi bahwa tinggal di apartemen tidak senyaman tinggal di rumah tapak. Entah tidak ada halaman depan atau luas area yang terlalu sempit. Padahal, dengan sedikit sentuhan desain dan kreatifi tas, apartemen akan terasa nyaman layaknya rumah tapak.

Pandai Mengelola Elemen Ruang

Menurut Fadli Sirajuddin, arsitek dari biro arsitek a+Plan Architect and Interior Work, dalam menata apartemen mungil, Anda harus cerdas memanfaatkan elemen interior. Pertama, pastikan dinding tampil dengan warna cerah karena akan memberikan kesan lapang dan terang. Kedua, jika memungkinkan, gunakan cermin di satu sisi dinding untuk memberikan kesan luas. Ketiga, usahakan untuk membuat furnitur custom (membuat sendiri) sehingga dapat dibentuk multifungsi dan sesuai dengan ukuran ruang yang tersedia.

Hal ini menghindari ketidaksesuain dimensi furnitur siap pakai dengan ukuran ruang yang tersedia. “Misalnya, dengan membuat tempat tidur compact, yang dapat dilipat ke dinding sehingga saat tidak digunakan dapat dijadikan ruangan lain. Begitu pun dengan meja makan,” ujar Fadli. Tak hanya itu, Fadli juga menganjurkan untuk memanfaatkan ceruk pada dinding sebagai area penyimpanan. Menciptakan area hijau di apartemen dapat dilakukan dengan memanfaatkan balkon, yang biasanya memiliki standar ukuran 1m x 1,5m.

Dengan luasan ini, Anda dapat menanam tanaman-tanaman kecil atau tanaman rambat yang mudah dirawat. Tanaman rambat ini efektif menahan debu. Beberapa jenis tanaman rambat yang bisa dihadirkan antara lain Vernonia elaeafnifolia (curtain creeper) dan tanaman merambat berbunga seperti morning glory (quisqualis indica, air mata kucing, dan Mandevilla). Atau, Anda juga bisa menghadirkan kebun vertikal dan taman dengan menggunakan sistem tanam hidroponik.

Ubah Kebiasan Lama

Saat memutuskan untuk tinggal di apartemen, itu berarti Anda harus siap mengubah gaya hidup. Tinggal di apartemen menuntut sikap rasional, efisien, simpel, praktis, dan mandiri. Bila saat tinggal di rumah tapak Anda bisa mengoleksi barang tanpa memikirkan ruang, tinggal di apartemen menuntut Anda untuk mempertimbangkan barang yang ingin dibeli dengan ruang yang tersedia.

Bila terlalu banyak barang akan membuat ruang terkesan sumpek dan sempit, sedangkan bila menaruhnya di koridor akan mengganggu mobilitas penghuni apartemen lainnya. Fadli mengatakan ketika tinggal di apartemen, Anda harus lebih jeli melihat peluang ruang sisa. Misalnya, menciptakan area simpan di bawah sofa.

Selain itu, jangan pernah ragu untuk membuang barang yang tidak terpakai dan usahakan meletakkan barang yang telah diambil ke tempat semula ia berada. Hal ini bertujuan agar Anda terbiasa meninggalkan barang dalam keadaan rapi. “Jika sudah tidak dibutuhkan, jangan ragu untuk membuang barang-barang tersebut. Buatlah prinsip: satu barang baru masuk ke apartemen, maka 1 barang lama harus dikeluarkan,” ujar Fadli menutup percakapan.

Sebuah apartemen membutuh genset sebagai sumber listrik cadangan. Genset yang secara otomatis akan bekerja ketika listrik dari PLN sedang padam. Harga genset murah untuk apartemen di Surabaya bisa didapatkan jika membeli dari distributor resmi. Karena akan mendapatkan diskon harga serta barang yang selalu ready stock.